Kejar Target Nilai METT Meningkat, Balai TN Kepulauan Togean Gelar Rapat
Diunggah oleh : Admin Website pada tanggal 12 Nov 2018 09:53:29

Ampana, 02 Agustus 2018Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) menyelenggarakan Rapat Penilaian Management Effectiveness Tracking Tool (METT) di Aula Kantor Balai TNKT pada tanggal 02-03 Agustus 2018. Rapat dibuka dan dipimpin langsung Kepala Balai TNKT Ir. Bustang dan dihadiri para stakeholder yang berkepentingan seperti BP4D, Dinas Pariwisatadan Kebudayaan, Universitas Tadulako, Bagian Administrasi dan SDA Touna, KPH Sivia Patuju, LSM Toloka serta AMAN. Bapak Johanes dan Andika dari Direktorat Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE Kementerian LHK menjadi fasilitator kegiatan ini. 

Ir. Bustang dalam sambutannya menyampaikan harapan agar nilai METT Balai TNKT dapat meningkat dari tahun sebelumnya dengan minimal dapat mencapai nilai 70%. Hal ini sesuai dengan Perdirjen No P.14/KSDAE-SET/2015 indikator dan strategi pencapaian IKK berdasarkan proses peningkatan yang dilakukan, nilai METT 70% akan dicapai pada tahun 2019, ujarnya. 

METT (Management Effectiveness Tracking Tool) ini adalah metode yang digunakan untuk menilai Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi yang dilakukan terhadap 6 aspek utama yang meliputi aspek konteks, perencanaan, input, proses, output dan outcome. Proses penilaian METT dilakukan oleh seluruh peserta yang menghadiri rapat dan diskusi yang terjadi cukup menarik dan interaktif diantara seluruh peserta.

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Togean