Monitoring Babirusa Togean di SPTN Wilayah 1 Wakai Balai TN Kepulauan Togean
Diunggah oleh : Admin Website pada tanggal 30 Jul 2019 10:43:57

Ampana, 30 April 2019. Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah I Wakai TN Kepulauan Togean telah melaksanakan Kegiatan Monitoring Babirusa pada tanggal 16-19 April 2019. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anggota SPTN I Wakai bersama dengan masyarakat yang berada disekitar lokus kegiatan. Lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan di Pulau Batudaka khususnya Desa Taningkola, Kecamatan Una-Una tepatnya di hutan Bone-bone dan Kafufu yang merupakan side monitoring yang telah ditetapkan oleh Balai TN. Kepulauan Togean.

Pelaksanaan kegiatan monitoring dilakukan dengan menggunakan metode terkonsentrasi dan pengamatan dibantu dengan menggunakan kamera trap sebanyak 6 (enam) buah. Pemasangan kamera trap dilakukan di sekitar kubangan air atau jalur yang diduga sering dilewati oleh babirusa.

Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan monitoring babirusa diantaranya sedikitnya jejak baru yang ditemukan pada kubangan dan jalur jelajah yang diduga sering dilewati oleh babi rusa. Hal ini diakibatkan adanya pengaruh cuaca yang mengakibatkan keringnya kubangan dan jalur jelajah. Keberadaan satwa yang dianggap sebagai hama oleh beberapa masyarakat sekitar juga menjadi permasalahan tersendiri serta home range babirusa yang telah berkurang diduga juga menyebabkan populasi babi rusa yang mulai berpindah. Beberapa masyarakat sekitar juga kurang mengetahui bahwa babi rusa merupakan hewan endemik yang dilindungi.

Menurut Iksan Tengkow, SH selaku Kepala SPTN I Wakai, “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan monitoring dalam rangka mengetahui jumlah populasi dan habitat babirusa yang bertujuan untuk mengetahui jumlah populasi babirusa yang ada di Pulau Batudaka”. Diharapkan dengan adanya monitoring babi rusa, kedepannya jumlah populasi babirusa dapat meningkat sehingga tidak punah, ujarnya. 

Sumber : Khoirum Min Alfiyani - Calon Pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean