Pemeliharaan Transplantasi Karang Bersama Masyarakat Wakai TN Kepulauan Togean
Diunggah oleh : Admin Website pada tanggal 30 Jul 2019 10:45:37

Ampana, 2 April 2019.  Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah I Wakai Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) telah melaksanakan Kegiatan pemeliharaan transplantasi terumbu karang pada tanggal 30-31 Maret 2019. Kegiatan ini dilaksanakan anggota SPTN I bersama dengan masyarakat yang berada disekitar lokasi kegiatan. Lokasi pelaksanaan kegiatan transplantasi karang dilakukan di Desa Siatu dengan koordinat 0°28'15,78'' S - 121°39'26,464''.

Menurut Ardi selaku ketua tim perkiraan rata-rata persentase karang yang hidup pada kegiatan transplantasi karang yang telah dilaksanakan semenjak tahun 2017 di SPTN I Wakai adalah 90%. Tingkat keberlangsungan hidupnya tergolong tinggi. Namun, dilapangan masih ditemukan beberapa faktor yang menghambat tingkat keberhasilan hidup karang antara lain faktor alami  berupa suhu yang tinggi, ombak dan hama lipan laut serta faktor manusia dengan melakukan kegiatan illegal. Untuk itu, pada kegiatan pemeliharaan transplantasi karang dilakukan beberapa kegiatan atara lain pembersihan media substrat dari lumut, penggantian karang yang mati dengan bibit baru, serta pembersihan di area sekitar substrat dari lipan laut. 

Pada kegiatan ini, TNKT juga melibatkan sejumlah masyarakat Desa siatu. Melihat antusias yang tinggi dari masyarakat Desa Siatu pada kegiatan ini, Iksan Tengkow Selaku Kepala SPTN Wilayah I Wakai berharap agar masyarakat dapat ikut serta menjaga dan memelihara karang hasil transplantasi tersebut dari kegiatan illegal fishing

Sumber : Puteri Andriani - Calon Polisi Kehutanan Pertama Balai Taman Nasional Kepulauan Togean